Ragam  

Layang-Layang Bakal Diusulkan Jadi Cabor dan Dilombakan Pada Potradnas 2024

Pj Bupati Richard Arnaldo saat membuka resmi Lomba Layang-Layang Palelo di Kelurahan Bantaya (Foto: kutora.id)

Fokus Sulawesi – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) rencananya bakal mengusulkan layang-layang sebagai salah satu Cabang Olahraga (Cabor) yang akan diperlombakan dalam ajang Pekan Olahraga Tradisional Nasional (Potradnas) yang akan digelar di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada tahun 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong (Parimo) Richard Arnaldo ketika membuka secara resmi Lomba Layang-Layang Palelo yang di gelar oleh Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA-PP) Kabupaten Parigi Moutong, bertempat di Kelurahan Bantaya, Sabtu, (4/11/23).

Lomba kali ini diikuti sebanyak 600 peserta dari beberapa daerah, seperti Gorontalo, Palu, Bunta dan Parigi Moutong sendiri, yang memperebutkan total bonus 5 juta rupiah.

Pj Bupati Richard mengatakan, saat ini kegiatan menerbangkan layang-layang sangat banyak diminati generasi muda hingga anak-anak, lomba ini merupakan kegiatan yang positif dalam melestarikan olahraga tradisional di Parigi Moutong.

“Jadikan Kegiatan ini menjadi lomba musiman menerbangkan layangan. Saya melihat antusias masyarakat sangat baik terhadap kegiatan ini, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri di bidang olahraga tradisional dan dapat mengurangi aktivitas anak-anak muda untuk bermain gadget,” ujarnya.

Olahraga tradisional kata dia saat ini mulai luntur keberadaan dan prestasinya, kerena kurangnya pengenalan olahraga tradisional pada anak-anak muda dan juga minimnya jumlah praktisi di bidang olahraga tradisional. Untuk itu menyarankan agar kegiatan semacam itu dapat terus diselenggarakan untuk menumbuhkan sportifitas bagi generasi muda untuk menjaga kelestarian permainan layangan itu sendiri.

“Dan juga menjadi ajang silaturahmi bagi para penggiat olahraga tradisional,” harapnya.

Richard menambahkan di tahun 2024 mendatang, Parigi Moutong mendapat kepercayaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menggelar Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas).

“Lomba Layang-Layang ini nantinya menjadi salah satu cabang olahraga yang Pemda Parigi Moutong akan usulkan ke kemenpora untuk dilombakan pada Potradnas tahun 2024, tentunya dengan adanya kegiatan ini dapat terjaring juara-juaranya, nantinya kita akan tandingkan dengan seluruh provinsi di Indonesia,” pungkasnya.

sumber: kutora.id

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *