Dubes Republik Seychelles Salut dengan Suksesnya HARKANNAS di Parimo

foto.dok

Fokus Sulawesi -Duta Besar (Dubes) Negara Seychelles untuk Indonesia Nico Barito salut Kesuksesan Penyelenggraan Event Nasional yaitu Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke- 9 di Kabupaten Parigi yang kegiatannya usai digelar hari Senin (21/11/22). 

“Atas nama Pemeritah dan Presiden Republik Seychelles, saya mendapatkan kebahagiaan khusus bisa menghadiri undangan bapak Bupati Parigi Moutong, dan ini satu kehormata kami untuk bisa mendampingi bapak Menteri yang juga mitra kami dalam ekonomi biru. Tidak ada yang dapat saya sampaikan selain salut, selamat dan sukses atas kegiatan HARKANNAS di Parigi Moutong,”ujarnya.

Negara Seychelles kata ia, sebagaimana yang ia paparkan pada saat Lokakarya rangkaian HARKANNAS, Seychelles merupakan Negara Kepulauan yang termasuk negara maju dilautan Hindia.

“Ekonomi kami berasal dari perikanan dan sektor jasa. Hari ini income perkapita kami 30 ribu dolar, tetapi kami tidak pernah merayakan Hari Ikan Nasional. Disini saya melihat bagaimana Indonesia membangun keunggulan dari Universitas, bagaimana peran dari Pemerinah Daerah menjalankan perpaduan nelayan tradisional dengan kearifan lokal dan potensi daerahnya, dan itu luar biasa,”ungkapnya. 

Terlepas dari itu kata Nico Barito, Perikanan Seychelles sangat maju, tetapi negara Seychalles harus belajar banyak dari budaya yang ada di Indonesia. 

“Saya tadi sangat terkesima dengan tarian Carnaval, saya sudah janji sama pak Bupati, Tariannya saya undang ke Seychelles untuk mengisi Festival budaya,”jelasnya.

Kaitan Hari Ikan Nasional kata ia, Ketahanan pangan Nasional di Negara Kepulauan dengan penduduk 100.000 orang dan wisatawan datang 500 ribu orang dengan konektivitas 19 Pesawat setiap hari maka konsumi ikan Seychelles 80 kilo per kapita.

“Saya tidak tahu pak Menteri kalau di Indonesia berapa, mungkin lebih kecil padahal rakyatnya banyak. Tetagga saya Negara Maldives ada 1.500 pulau dan penduduknya 300 ribu orang dan komsumsi perkapita ikan 170 kilo,”kata dia. 

“Nah konektivitas dari Seychelles eropa itu baik. Brand ikan hasil lautan Hindia laut kita bersama karena Seychelles dan indoneaia berbagi laut sama sama lautan Hindia,”tambahnya.*/red

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *