Gubernur Minta Mustaqim Kono Tetap di Jalan Yang Lurus

Ketua DPRD Parigi Moutong, Mengambil Sumpah, Mustaqim Kono, Sebagai PAW Anggota DPED Parigi Moutong asal Partai Golkar, Jumat 27 Mei 20222. (Foto : EquatorNews)

Fokus Sulawesi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong , Sayutin Budianto secara resmi melantik dan mengambil sumpah janji Mustakim Kono, sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Parigi Moutong masa jabatan 2019-2024,Jumat (27/5/2022).

Mustakim Kono menjadi anggota DPRD Parigi Moutong dari Partai Golongan Karya (Golkar) menggantikan H. Erwin H Nadir.

“Atas nama pimpinan DPRD , saya mengucapkan selamat kepada saudara Mustakim Kono, yang telah diambil sumpah janjinya sebagai anggota DPRD Parigi Moutong PAW masa bakti 2019-2024, dari Partai Golkar. Selamat bertugas ,” ujar Sayutin Budianto.

Sayutin menjelaskan, ada dua mekanisme atau jalan untuk menduduki jabatan legislative. Pertama anggota DPRD dapat terpilih, setelah diajukan oleh calon Parpol yang mengusungnya.

Kemudian mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) secara langsung sebagai calon terpilih untuk menjalani jabatan DPRD selama masa periode lima tahun.

Yang kedua kata dia, anggota DPRD dapat terpilih melalui PAW, jika wakil yang telah terpilih dari hasil Pemilu sebelumnya meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan atas usul Parpol.

“Kemudian digantikan oleh calon anggota DPRD yang memperloeh suara terbanyak, urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari Parpol yang sama pada daerah pemIlihan yang sama,” urai Sayutin Budianto yang asal Partai NasDem itu.

Oleh karena itu kata dia, rapat paripurna , merupakan salah satu proses politik yang harus dilalui dalam rangka regenerasi dan pematangan kader Parpol, disamping untuk kesinambungann tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat. Mengingat semakin berat tugas yang diemban oleh para anggota DPRD.

“Untuk saudara Mustakim Kono, pelantikan ini awal bagi saudara melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat. Saya berharap agar saudara dapat bekerja sama dan saling mengisi, untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini aspirasi masyarakat yang dibawah oleh saudara dari daerah pemilihan saudara,” tegas Sayutin Budianto

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum dan Organisasi Setda Provinsi, Mulyono, mengucapkan terimah kasih dan apresiasi, kepada H Erwin H Nadir yang telah menjadi bagian dari DPRD Parigi Moutong.

Menurutnya, PAW anggota DPRD adalah proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kelengkapan angota DPRD .

Untuk itu, dia berpesan kepada Mustakim Kono, agar dapat melaksanakan mandat dan amanah dengan sebaik-baiknya, dan dapat menyesuaikan diri, mempelajari peraturan dan tata tertib dengan pedoman melaksankan fungsi sebagai anggota DPRD.

”Harapan saya sebagai Gubernur Sulteng semoga saudara dapat bekerja dengan tulus, menjadi inspirasi dan tetap berjalan di jalan yang lurus sampai di penghujung masa jabatan,” tandasnya.**

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *