Setiap Anak di Parimo Berhak Mengakses Informasi yang Layak

Fokus Sulawesi – Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak dan perlindungan hak anak, Dinas P3AP2KB Kabupaten Parigi Moutong, Dahniar SPd MSi, mengatakan informasi layak anak merupakan pusat informasi yang berfokus pada layanan penyimpanan informasi secara kuantitatif.

Sehingga tidak hanya merupakan tempat untuk mencari informasi, tetapi juga sebagai tempat bermain, meningkatkan kreativitas, konsultasi serta meningkatkan pelayanan ramah anak. Lebih lanjut, yang menjadi ruang lingkup PISA diantaranya Perpustakaan ramah anak dan pusat informasi ramah anak.

“Pada kabupaten layak anak, setiap anak berhak atas akses informasi yang layak, artinya ada jaminan bahwa penyediaan informasi mematuhi ketentuan pengguna yang sesuai dengan kriteria pelayanan informasi bagi anak, fasilitas dan sarana dalam jumlah memadai yang memungkinkan anak mengakses layanan informasi secara gratis dan ketersediaan lembaga perizinan dan pengawasan”,ujarnya.

Sebagai upaya pemenuhan hak anak atas informasi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) melakukan Sosialisasi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA), bertempat di aula kantor DP3AP2KB Parimo, (9/3/2023). Menurut Dahniar, sumber informasi layak anak di kelompokkan kedalam beberapa kategori diantaranya penyiaran, buku, buku terbitan berkala seperti majalah, koran, video, internet dan sebagainya. Sehingga diharapkan melalui sosialisasi tersebut peserta dapat memahami dan mengetahui pentingnya informasi layak anak sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usia anak.*/wan

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *