Realisasi BOS Tahap Satu Di Parigi Moutong, Capai 70 Persen

Kepala Bidang Manajemen SD DISDIK Parigi Moutong, Ibrahim

FOKUS SULAWESI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah memastikan, realisasi pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2021, telah mencapai 70 Persen untuk tingkat sekolah dasar.

“Pengajuan pencairan untuk tingkat sekolah dasar, telah dilakukan sejak minggu lalu. Hingga tanggal 22 April, sudah terealisasi sekitar 70-75 persen,”ungkap Ibrahim Kepala Bidang Manajemen Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong, Kamis (22/04).

Dia mengakui, di tahun 2021 realisasi pencairan dana BOS, mengalami keterlambatan karena adanya aplikasi baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni Aplikasi Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (ARKAS)

Menurut dia, sebelum mendapatkan rekomendasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai syarat pencarian dana BOS tahap satu, pihak sekolah harus terlebih dahulu menginput Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS), dalam aplikasi itu ARKAS.

“Setelah mereka input, kemudian diprint, lalu ditandatangani oleh kepala sekolah, bendahara, dan komite. Lalu dibawa ke dinas, diverifikasi. Jika benar, kami akan berikan rekomendasi pencairan,”jelasnya.

Dia mengatakan, ditarget realisasi pencairan akan berakhir minggu depan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan akan ada beberapa sekolah yang berkasnya dikembalikan, karena terdapat sejumlah kekurangan atau kesalahan.

Misalnya, anggaran yang terinput dalam aplikasi tidak sesuai dengan berkas yang diajukan. Kemudian, Silpa yang tidak terinput dalam aplikasi.
“Jadi ada yang salah kami kembalikan, dan untuk Silpa harus diinput dulu dalam aplikas,”tuturnya.opi

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *