Sekjen FASI : Diharapkan Atlet Paralayang Kelas Dunia Muncul dari Parigi Moutong

Pembukan Paragliding TROI 1 di Parigi Moutong, Ditandai Pemukulan Gong oleh Sekjen FASI, Marsma TNI AU Fajar Adriyanto, Didampingi oleh Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu, di Tinombo, Jumat 19 Maret 2022. (Foto : EQUATORNEWS)

Fokus Sulawesi – Sekretaris Jendral (Sekjen) Federasi Aerosport Indonesia (FASI) yang juga Kepala Pusat Potensi Dirgantara (Kapuspotdirga) Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU), Marsekal Pertama TNI AU, Fajar Adriyanto MBA M.Si (Han), berharap sejumlah atlet paralayang kelas dunia akan muncul dari Kabupaten Parigi Moutong.

” Diketahui saat ini Indonesia masih memegang juara dunia untun nomor ketepatan mendarat. Dengan kegiatan di Parigi Moutong, kami harapkan ada atlet kelas dunia muncul dari sini,” ujar Marsma Fajar, yang disambut tepuk tangan meriah dari hadirin.

Harapan tersebut, disampaikan pria dengan pangkat bintang satu di pundak itu, saat membuka Paragliding Trip Of Indonesia (TROI) Air Force Cup 2022 Event Nasioanal Seri I, di Desa Tinombo, Kecamatan Tinombo, Jumat (18/3/2022).

TROI 1 di Parigi Moutong kata Marsma Fajar, juga dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Angkatan Udara (AU) ke 76.

Marsma Fajar menambahkan,TROI) Air Force Cup 2022 Event Nasioanal yang berjumlah 10 seri pada tahun 2022 ini, bertujuan memperkenalkan potensi wisata paralayang dari seluruh Indonesia.

” Untuk seri satu di Kabupaten Parigi Moutong, sekaligus merupakan uji coba venue untuk kejuaraan paralayang Internasional yang akan diadakan akhir tahun 2022 di kabupaten Parigi Moutong,” tandas Marsma Fajar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Zulfinasran S,STP MAP, mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong dalam sambutannya, antara lain mengucapkan terima kasih kepada PB FASI, yang telah menunjuk Kabupaten Parigi Moutong sebagai tempat pelaksanaan kejuaraan paralayang TROI 1.

Menurut Zulfinasran,terselenggaranya kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan bagi Parigi Moutong, karena merupakan event paralayang berskala nasional pertama kalinya yang dilaksanakan di kabupaten Parigi Moutong.

Lanjut Zulfinasran, kepada stake holder terkait, agar tetap selalu mengembangkan olahraga paralayang di daerah ini, tidak hanya sebatas menyiapkan sarana dan prasarana, akan tetapi melakukan pelatihan kepada para pemuda yang berkeinginan menyalurkan bakat dan keinginanannya pada olahraga paralayang, sehingga kita dapat ambil bagian pada event paralayang yang kedepannya dan kita upayakan akan terus dilaksanakan di daerah ini secara berkesinambungan.

Pembukaan Paragliding Trip Of Indonesia (TROI) Air Force Cup 2022 Event Nasioanal Seri I Parayanag ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapuspotdirga KASAU, Marsma TNI Fajar Adriyanto MBA M.Si (Han) didampingi oleh Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu,dan unsur pejabat lainnya, dan dilanjutkan latihan resmi bagi peserta paralayang,serta penanaman pohon di lokasi take off.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga (3) hari ini diiukuti 130 peserta dari 13 provinsi yaitu Jawa Barat, Sumatra Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Papua, Kalimantan Barat, Bali, DI Jokjakarta, Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Sedangkan nomor dan kategori yang dilombakan, yakni ketepatan mendarat kategori perorangan putra (junior), ketepatan mendarat kategori perorangan putri (junior), ketepatan mendarat kategori the master, katepatan mendarat kategori TNI/Polri, kategori tandem dan ketepatan mendarat.***

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *