DPRD  

Sikapi Anleg Jarang ‘Ngantor’, BK Layangkan Surat ke Fraksi

FOKUS SULAWESI – Ketidakhadiran sejumlah Anggota Legislatif (Anleg) beberapa bulan terakhir, di kantor DPRD Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mendapatkan sorotan dari Badan Kehormatan (BK), yang langsung melayangkan surat ke fraksi-fraksi, untuk meminta penjelasan.

“Surat yang kami layangkan ke seluruh fraksi di DPRD Parigi Moutong kemarin, dan memang sifatnya masih menghimbau, atas ketidakhadiran anggota mereka,” ungkap Ketua BK DPRD Parigi Moutong diruang Komisi II, Selasa (8/06).

Surat yang dilayangkan pihaknya, langsung mendapatkan respon dari fraksi, dengan menyampaikan ke masing-masing anggotanya yang tidak pernah hadir dalam berbagai agenda di DPRD Parigi Moutong. 

Berdasarkan keterangan pihak fraksi, anggotanya telah membuat pernyataan sikap, akan siap kembali hadir dalam agenda DPRD Parigi Moutong. Selain itu, ada juga yang beranggapan ketidakhadirannya selama ini, karena masih dalam suasana pandemic Covid-19. 

“Tapi itu kan kondisi sekarang sudah new normal. Jadi saya tegaskan tidak ada lagi alasan,” ujarnya. 

Bahkan, ada juga anggota yang tidak hadir karena istrinya merupakan anggota DPRD didaerah yang berbeda. Sehingga, sedang mencari solusi atas persoalan tersebut, apakah Anleg yang bersangkutan mundur dari jabatannya, atas istrinya. 

“Informasi ini juga belum pasti, karena saya belum dengar langsung dari yang bersangkutan. Tapi bagimana pun itu, kami harapkan bisa aktif lagi berkantor,” kata dia.  

BK menegaskan kepada fraksi, jika nantinya Anleg tersebut tetap saja tidak mengindahkan himbauan tersebut, maka pihaknya tidak segan-segan akan menyampaikan ketidakhadiran yang bersangkutan, dengan melayangkan surat  ke pengurun DPC, DPD hingga DPP. 

“Biar ada efek jerah, atas sikpa mereka yang jarang ngantor. Semoga surat yang kami layangkan ini bisa diindahkan,” tandasnya. 

Setelah surat bersifat himbauan ini dilayangkan, dan mendapatkan perhatian dari Anleg, pihaknya akan tetap melakukan evaluasi terkait kehadiran anggota. Opi

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *