Peringatan HPSN 2023 Tingkat Provinsi Sulteng Resmi Dibuka

Staf Ahli Bidang SDM, Pengembangan Kawasan dan Wilayah Farida Lamarauna hadiri sekaligus membuka secara resmi Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Foto: Ist)

Fokus Sulawesi – Gubernur diwakili Staf Ahli Bidang SDM, Pengembangan Kawasan dan Wilayah Farida Lamarauna hadiri sekaligus membuka secara resmi Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Bertempat di Taman Pujasera Tinggede, Jl. Tavanjuka Mas, Kabupaten Sigi, Selasa (28/2/23).

Peringatan HPSN 2023 ini diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah bersama DLH Kota Palu dan DLH Kabupaten Sigi.

Kegiatan ini mengusung tema “Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat”
dengan dirangkaikan beberapa kegiatan seperti Pameran Kerajinan dari barang bekas, Jalan Bersama Sambil Memungut Sampah, Orasi Ilmiah dari Pakar Lingkungan Hidup Muh. Nur Sangadji serta pembagian Doorprize.

Kegiatan ini juga melibatkan pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA yang berasal dari Kota Palu dan Kabupaten Sigi, selain itu, ada juga organisasi luar pemerintah dan kelompok masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulteng M. Sadly Lesnusa selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, salah satu tujuan dari kegiatan ini yaitu memperkuat komitmen dan peran aktif Pemda dan pengelolaan sampah

“Kemudian yang kedua memperkuat partisipasi masyarakat dalam upaya mencapai zero emition melalui gerakan pilah sampah, kemudian membangun secara sistematis dan integratif pengurangan sampah dan penurunan emisi gas rumah kaca.” Lanjut M. Sadly Lesnusa

Selanjutnya, Staf Ahli Bidang SDM, Pengembangan Kawasan dan Wilayah Faridah Lamarauna membacakan sambutan Gubernur menyampaikan bahwa pengelolaan sampah saat ini mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia sekaligus manifestasi dari salah satu prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan.

“HPSN 2023 harus menjadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia menuju zero waste, zero emition.” Ucap Staf Ahli Farida Lamarauna

Diakhir sambutannya, Ia juga menyampaikan semoga dengan pengelolaan sampah yang baik mampu menumbuhkan perekonomian, menurunkan angka kemiskinan serta menurunkan angka stunting yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat kepada kita semua dan kepada anak cucu kita sehingga kita tidak meninggalkan masalah lingkungan kepada anak cucu kita.” Tambahnya

Turut hadir : Wakil Bupati Sigi, Staf Ahli Bidang SDM dan Pengembangan Kawasan dan Wilayah, DLH Prov Sulteng, DLH Kota Palu, DLH Kabupaten Sigi, Pimpinan BNI Cabang Palu dan Sigi, Pimpinan Forkopimda, Camat Marawola, Pakar Lingkungan Hidup, Wanita Peduli Lingkungan, Perempuan Adipura Kota Palu, serta para pelajar SD, SMP, SMA Kota Palu dan Kab. Sigi.

Humas Pemprov Sulteng

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *