Menteri Pertanian Lakukan Kunjungan Kerja dan Panen Padi di Sigi

Wakil Gubernur Sulteng dan Bupati Sigi ikut mendampigi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo lakukan panen padi menggunakan mesin combine (Foto: Prokopim)

Fokus Sulawesi – Bupati Sigi Mohammad Irwan, S.Sos., M.Si bersama Wakil Bupati Sigi Dr. Samuel Yansen Pongi, SE., M.Si mendampingi Menteri Pertanian Republik Indonesia Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH dalam Kunjungan Kerja di Desa Sidera Kabupaten Sigi, Minggu, (19/2/23)

Kegiatan ini diawali dengan Peninjauan lahan padi sekaligus panen dengan menggunakan Combine Harvester oleh Menteri Pertanian RI bersama dengan Bupati Sigi dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan ini juga Menteri pertanian melakukan praktek pembutan Elisitor biosaka yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati Sigi, Wakil Bupati Sigi dan tamu undangan, selanjutnya Rombongan Menteri Pertanian RI melaksanakan makan siang di Rumah makan Nagaya.

Kemudian Kegiatan dilanjutkan dengan Pertemuan Menteri Pertanian dengan  Penyuluh Petani se-Sulawesi Tengah, dalam kegiatan ini Bupati Sigi menyampaikan dalam sambutannya yaitu, dalam sambutan Menteri Pertanian RI dan Juga Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Bupati mengutip salah satu hal yang paling penting adalah bagaimana kita bisa bersikap mandiri yang dalam artian Petani Mandiri melalui pemerintah dengan memperlihatkan persiapan yang begitu matang seperti lahan yang luas dan apa yang akan ditanam sehingga bantuan-bantuan seperti alat, bibit, dan pupuk yang akan diberikan dapat bermanfaat dan ada timbal baliknya.

“Pemerintah Daerah akan menjadi media atau jempatan untuk para petani untuk terus mengelola dan meproduksi hasil-hasil pertanian yang nantinya akan menjadi bukti nyata hasil kerja Para petani yang ada di Sulawesi Tengah lebih Khusus Kabupaten Sigi,” ungkap Bupati Sigi

Kemudian dalam mendukung dan mempercepat Pencapaian Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dalam pengembangan Sektor Pertanian, dilakukan melalui beberapa Program kegiatan diantaranya :
1. Pengembangan Komoditas unggulan Sub. Sektor Tanaman Pangan yaitu, Padi, jangung, kedelai, dan kacang tanah, kemudian Sub Sektor Hortikultura yaitu Durian Musang King, Alpukat, Klengkeng, Manggis, dan sayuran organik, kemudian Sub. Sektor Perkebunan yaitu Kakao, Kopi, Kelapa, Cengkeh, Kemiri dan Vanili.
2. Pembiayaan petani miskin melalui fasilitas Kur 0%.
3. Pengembangan koperasi berbasis pertanian.
4. Bantuan/bibit, pupuk dan alat mesin pertanian
5. Pengembangan lahan cadangan pangan masyarakat seluas 3 Ha Per Desa.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi sangat berkomitmen untuk bersama berikhtiar mewujudkan Kabupaten Sigi yang maju, lebih baik, lebih sejahtera, Kabupaten Sigi yang berdaya saing Berbasis Agribisnis,” tutupnya

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekjen Kementerian Pertanian RI, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dirjen Tanaman Pangan, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian, Staf Khusus Menteri Pertanian, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala BPTP Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Balai Karantina Pertanian Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Camat Sigi Kota dan Sigi Biromaru, Kepala BPP dan Penyuluh Pertanian Se- Kabupaten Sigi.

Prokopim Setda Sigi

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *