Korban Banjir Torue Akan Menerima Santunan Duka dari Kemensos

foto iwan

Fokus Sulawesi – Kementerian Sosial (Kemensos) berencana akan memberikan santunan duka kepada korban meninggal dunia akibat banjir  di Desa Torue. 

“Tim dari Kemensos tiba di Palu pada Sabtu (30/7/2022) mereka ke lokasi banjir melakukan peninjauan untuk bantuan kemanusiaan, sekaligus memastikan korban meninggal dunia, karena mereka akan memberikan santunan duka,” ujar Kepala Dinas Sosial Sulteng Siti Hasbia, Jum’at (29/7/2022). 

Santunan duka diberikan akan merujuk pada surat keputusan (SK) penetapan tanggap darurat bencana yang dikeluarkan Bupati Parigi Moutong.

“Kami belum mendapat informasi berapa nilai santunan duka diberikan nanti,”ungkapnya. 

Selain itu, kemensos juga telah meyiapkan bantuan kebutuhan dasar dari Balai Nipotove Palu dan Balai Sosial Makassar, namun sebelum penyaluran dilakukan kajian dan pengumpulan data terlebih dahulu menyangkut kebutuhan mendesak warga terdampak.

Pada saat ini, Dinsos Sulteng telah membawa personel taruna siaga bencana (Tagana) untuk ikut bergabung dengan relawan yang lebih dulu berada di lokasi bencana membantu warga terdampak.

Disamping itu pihaknya juga telah membawa perlengkapan dan kebutuhan dasar korban banjir berupa makanan siap saji, dan kebutuhan bayi.

“Dalam penanganan banjir kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Poso, karena akses mereka ke Parigi Moutong relatif dekat supaya kekuatan personel Tagana dan sosial semakin kuat,”paparnya.

Dinsos Sulteng juga membuka dapur umum untuk melayani konsumsi korban bencana, sebab saat ini dapur umum masih minim. Wan

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *