Hasil Sidang Isbat, Idul Fitri Jatuh Pada Sabtu 22 April 2023

Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Ist)

 Fokus Sulawesi – Kementerian Agama pada Kamis malam (20/4//2023) memutuskan bahwa Idul Fitri 2023 atau 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu 22 April 2023. Pengumuman ini disampaikan usai Kemenag menggelar Sidang Isbat di Jakarta.

“Sidang Isbat secara mufakat telah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 22 April 2023 Masehi,”  kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas seperti yang dipantau di kanal Youtube Kemenag.

Dengan keputusan itu, maka pada Kamis malam umat Islam akan tetap menggelar Shalat Tarawih dan Jumat besok masih berpuasa di hari yang ke-30 bulan Ramadhan. Takbiran akan digelar pada Jumat malam.

Sebelumnya anggota Tim Hisab Rukyatul Hisab Kemenag, Ing Khafid dalam paparannya, Kamis sore (20/4/2023) membeberkan bahwa posisi hilal di beberapa wilayah Indonesia sampai belum memenuhi kriteria dalam penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Lebaran Idul Fitri 2023.

“Kita fokus ke wilayah NKRI dari Merauke atau Jayapura di timur sampai Sabang bahkan titik nol di Indonesia Sabang sana itu belum ada yang memenuhi kriteria,” kata Ing Khafid.

Khafid menyampaikan hal itu berdasarkan data yang diterima oleh Kemenag dari beberapa wilayah yang memantau posisi hilal. Oleh sebab itu, sangat kecil kemungkinan Hari Raya Lebaran 2023 jatuh pada Jumat (21/4/2023) besok.

“Sehingga kalau kita bicara scientific karena kita harus nunggu sidang Isbat. Tetapi kalau bicara scientific alasan ilmiah prediksinya Hari Sabtu,” ujar dia.

Sementara itu ormas Muhammadiyah sejak jauh hari telah memutuskan untuk merayakan Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023. Dengan demikian, hari ini adalah puasa terakhir bagi Muhammadiyah.

Selain itu Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri Jawa Timur juga menetapkan Idul Fitri jatuh pada Jumat 21 April besok. Keputusan itu berarti warga pondok berpuasa selama 29 hari, yang berakhir pada hari ini.

Sumber : metro.suara.com

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *